S1 Manajemen

Tentang Program Studi

Akreditasi

Baik Sekali

Website

-

gambar-prodi

Jurusan Manajemen adalah program studi di perguruan tinggi yang mempelajari teori, konsep, dan aplikasi praktis mengenai pengelolaan organisasi dan bisnis. Jurusan ini mempersiapkan mahasiswa untuk memiliki kemampuan dalam mengelola berbagai aspek bisnis, seperti pengelolaan keuangan, sumber daya manusia, pemasaran, produksi, operasi, dan strategi bisnis.

Jurusan Kuliah Manajemen memiliki sejarah yang panjang dan perkembangan yang pesat. Pada awalnya, pada awal abad ke-20, jurusan ini muncul di Amerika Serikat sebagai respons terhadap kebutuhan untuk mempelajari teknik-teknik manajemen yang diperlukan untuk mengelola perusahaan-perusahaan yang semakin besar dan kompleks.

Jurusan ini awalnya hanya tersedia di beberapa perguruan tinggi terkemuka seperti Harvard dan Wharton, tetapi seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan tenaga kerja yang ahli di bidang manajemen, program studi ini menjadi semakin populer.

Tampilkan Lebih Banyak expand_more

Pilih Jalur Pendaftaran

PMB 2024 - Seleksi Mandiri PTS

Kelas Reguler

31 Mei 2024 - 28 Agustus 2024

Biaya Daftar Gratis

PMB 2024 - Seleksi Mandiri PTS

Kelas Karyawan

1 Juni 2024 - 28 Agustus 2024

Biaya Daftar Gratis

Prospek Karir

Jika mungkin kamu belum tahu, berikut ini beberapa prospek kerja manajemen yang bisa kamu lamar:

1. Business Development

Prospek kerja manajemen pertama adalah business development. Posisi ini tidak sulit ditemui, biasanya perusahaan besar memiliki bagian pengembangan bisnis. Bahkan, sebagian besar job desk untuk jurusan manajemen berkaitan dengan pengembangan bisnis baik itu internal maupun eksternal. 

Kisaran gaji untuk posisi ini mulai dari Rp6 juta hingga Rp8 juta per bulan. Akan tetapi, semakin besar perusahaannya, gaji business development bisa mencapai 2 digit.

2. HRD

Selanjutnya, kamu juga bisa melamar ke divisi Human Resources Department. Posisi HRD ini cocok untuk kamu yang saat kuliah mengambil peminatan yang berhubungan dengan SDM. Sebagai HRD, kamu akan bertugas mengurus urusan internal perusahaan. 

Kisaran gaji posisi HRD ada di angka UMR hingga Rp7 juta untuk level pemula.

Baca juga: 14 Jurusan Kuliah untuk Menjadi HRD yang Perlu Anda Pertimbangkan

3. Marketing

Prospek kerja manajemen juga bisa dan sangat cocok menjadi seorang marketing. Apalagi selama kuliah kamu juga mengambil materi-materi seputar pemasaran. 

Bagian marketing akan mengurusi tentang pengembangan bisnis perusahaan serta bagaimana membangung brand awareness dari perusahaan.

Dibanding prospek kerja jurusan manajemen lain, profesi marketing adalah yang paling bervariasi kisaran gajinya.

Di level pemula, gaji marketing berangkat dari UMR hingga Rp10 juta. Akan tetapi, semakin tinggi levelnya, gaji seorang marketing bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta per bulan.

4. Management Trainee

Posisi lainnya yang bisa cocok untuk jurusan manajemen adalah management trainee atau MT. Belakangan ini, prospek kerja manajemen trainee semakin dicari oleh berbagai perusahaan baik itu dalam negeri atau juga multinasional. 

Sebagai MT, kamu akan mengikuti masa pelatihan sekaligus kerja selama satu tahun hingga dua tahun. Selama masa kerja tersebut, kamu akan ditempatkan di berbagai divisi, setelahnya akan diadakan evaluasi dan menilai mana posisi yang cocok untukmu. 

Jika lolos, maka kamu akan diangkat sebagai karyawan tetap. Kisaran gaji yang bisa kamu dapatkan bervariasi, mulai dari UMR sampai belasan juta rupiah.

5. Teller Bank

Tak perlu bingung jurusan manajemen kerja apa, sebab kamu bisa melamar menjadi teller bank. Kamu akan punya tugas melayani nasabah bank baik itu yang ingin menyetor atau transfer uang ke bank.

Gaji seorang teller bank juga cukup besar yaitu ada di angka Rp5 juta hingga Rp8 juta untuk fresh graduate. Bank-bank multinasional bahkan bisa menggaji dengan kisaran lebih tinggi.

6. Risk Manager

Prospek kerja manajemen berikutnya adalah risk manager. Sebagai seorang risk manager kamu akan bertanggung jawab dalam mengidentifikasi penyebab kerugian, melakukan rekomendasi dan melaksanakan tindakan pencegahan dari kerugian yang bisa dialami perusahaan.

Kamu juga harus menyusun suatu rencana untuk meminimalkan biaya dan kerusakan jika terjadi kerugian. 

Profesi ini bisa bekerja secara langsung di perusahaan maupun bekerja independen sebagai konsultan.

7. Data Analyst

Sebagai seorang lulusan manajemen, kamu bisa menjadi seorang data analyst. Peluang karier seorang data analyst begitu menjanjikan, apalagi sekarang perusahaan membutuhkan data sebelum mengambil suatu keputusan. 

Beberapa tugas yang akan kamu emban antara lain melakukan analisis tren pasar, menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui gambaran suatu tren, menyajikan hasil analisis tersebut, dan tugas lainnya yang berkaitan dengan data.

8. Staff Finansial

Prospek kerja manajemen berikutnya adalah kamu bisa bekerja menjadi staff finansial. Sebagai seorang staff finansial, kamu punya tugas untuk memastikan permasalahan keuangan perusahaan berjalan baik. 

Kisaran gaji seorang staff finansial untuk fresh graduate ada di nominal UMR hingga Rp8 juta. Selain itu, staff finansial umumnya punya karir mapan karena tingkat turnover-nya rendah.

‍9. Akuntan

Jika kamu memiliki keahlian finansial dan pandai menghitung dengan tepat, maka tidak menutup kemungkinan bagi kamu lulusan manajemen untuk bisa menjadi seorang akuntan.

Sebagai akuntan, kamu bertugas untuk mencatat, memantau, dan melaporkan perputaran keuangan di perusahaan. Pastikan bahwa kondisi keuangan selalu dalam keadaan yang seharusnya.

Kisaran gaji seorang akuntan biasanya berkisar Rp7 juta hingga Rp10 juta. Namun ini kembali lagi kepada masing-masing perusahaan menyesuaikan dengan ukuran dan tipe perusahaan.

10. Staf Operasional

Jika kamu memiliki peminatan untuk fokus pada pengelolaan dan produksi barang, jasa, hingga sistem.

Staf operasional berfungsi untuk memaksimalkan proses produksi sehingga tidak ada bahan baku yang terbuang ataupun tersimpan lama dan hasil produk menjadi lebih maksimal.

Kisaran gaji untuk posisi staf operasional sangat bervariasi. Jika kamu bekerja di perusahaan nasional maka gajimu berkisar antara Rp3-5 juta. Namun jika bekerja di perusahaan mulitnasional, kamu bisa mendapat hingga 2 kali lipatnya.

11. Pengusaha

Kemampuan manajemen yang dimiliki lulusan jurusan ini tentu sangat memungkinkan jika digunakan untuk membuka usaha sendiri. Selain bisa mengaktualisasikan kemampuan sambil mendulang untung, kamu juga bisa membuka lapangan kerja baru dengan menjadi pengusaha.

Pekerjaan ini memang tidak memiliki gaji bulanan dengan nominal tertentu. Namun, penghasilan pengusaha sangat mungkin untuk melebihi pekerja kantoran jika usaha ini dilakukan dengan serius dan terus dikembangkan.

Materi Pembelajaran

Mata kuliah jurusan manajemen bervariasi tergantung pada kurikulum universitas atau institusi pendidikan yang menawarkannya. Namun, beberapa mata kuliah yang umumnya diajarkan dalam jurusan ini meliputi:

  • Prinsip Prinsip Manajemen
  • Akuntansi Keuangan
  • Ekonomi Mikro dan Makro
  • Matematika Keuangan
  • Pemasaran
  • Sumber Daya Manusia
  • Risiko dan Asuransi
  • Strategi
  • Produksi dan Operasi
  • Etika Bisnis
  • Proyek
  • Rantai Pasokan
  • Inovasi dan Teknologi
  • Internasional
  • Kewirausahaan

Selain mata kuliah inti tersebut, ada juga mata kuliah elektif yang dapat dipilih oleh mahasiswa untuk mendalami bidang tertentu dalam manajemen atau memperluas pemahaman mereka di bidang yang berbeda.

Beberapa contoh mata kuliah elektif yang mungkin ditawarkan dalam jurusan manajemen termasuk manajemen kualitas, lingkungan, strategis pemasaran, olahraga, kesehatan, dan lain-lain.



Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca user guide (petunjuk) pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!